1. Diagram alur / Bagan Sistem Penagihan
2. a) Bagian Marketing
b) Accounting / Keuangan
c) Messenger
d) Pelanggan
3. a) Bagian Marketing : - Menerima pesanan dari pelanggan
- Menyiapkan data pelanggan
- Melaporkan data tersebut kebagian keuangan
b) Accounting / Keuangan : - Menerima data dari bagian marketing
- Mengolah data dari bagian marketing
- Membuat faktur / invoice berdasarkan data dari marketing
- Memberikan faktur / invoice tersebut kebagian messenger
c) Messenger : - Menerima faktur / invoice dari bagian accounting
- Mengirimkan atau menagihkan faktur / invoice tersebut
d) Pelanggan : - Menerima faktur / invoice tersebut
- Melakukan pembayaran atas faktur tersebut
4. Urutan kegiatan dari diagram alur tersebut yaitu :
Setelah jenis barang yang dipesan dipenuhi oleh bagian gudang, maka selanjutnya
bagian marketing yang menerima pesanan dari pelanggan menyiapkan data – data yang
berkaitan dengan pelanggan dan pesanannya, data tersebut kemudian dikirim kebagian
accounting yang bertanggung jawab untuk mengolah data tersebut menjadi faktur / invoice yang
berguna untuk penagihan kepada pelanggan.
Dari bagian accounting, data yang telah diolah menjadi faktur / invoice
dikirim ke bagian messenger, bagian messenger bertugas untuk mengirim faktur / invoice
tersebut kepada pelanggan. Selanjutnya setelah menerima faktur / invoice tersebut pelanggan
berkewajiban membayar barang yang sudah dipesan, yang rinci
faktur / invoice tersebut, yang mana pembayaran tersebut berhubungan dengan bagian
accounting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar